Tuesday, January 1, 2019

Wisata Gratis Ibukota Jakarta



Bagi sebagian orang berwisata adalah kebutuhan tersier terutama bagi yang finansialnya pas-pasan hidup di ibukota negara ini alias jakarta. Namun jangan salah meskipun menjadi kota tersibuk di indonesia ibukota jakarta memiliki tempat menyembuhkan lelah secara Cuma-Cuma lho. Meskipun disebut gratis, wisata jakarta tidak kalah bagusnya dengan wisata berbayar maupun wisata daerah lain baik dari segi keindahan maupun kenyamanan tempat wisata.

Jika kalian tertarik untuk berlibur di jakarta tapi dompet sedang kembang kempis tak terisi alangkah beruntungnya kalian jika membaca refrensi liburan jakarta di tulisan ini :

1.  Menyusuri kenangan jakarta masa lalu  di – kota tua Jakarta
Mengenal lebih dekat suasana jakarta di masa lalu dengan bangunan dan jalanan yang tak berubah di makan zaman bisa kamu temukan di wisata kota tua jakarta.

  Di kawasan ini kamu bakal menemukan spot menarik untuk berswafoto bareng sahabat maupun keluarga, adapula atraksi dan penyewaan wardrobe dari masyarakat sekitar yang mendukung untuk berfoto namun harus bayar ya.
 
  Jika kamu mau mengenal lebih jauh tentang sejarah kota jakarta maka kamu bisa masuk ke museum yang berada di sekitar kawasan kota tua jakarta. Ada banyak museum di kawasan kota tua yang kalau di total ada 6 museum yaitu museum fatahillah, museum wayang, museum bank indonesia, museum bank mandiri, museum seni rupa dan keramik dan yang terakhir museum bahari. Tiket masuknya gak mahal kok gak sampai bikin gak bisa beli kerak telor lah hehe.

menikmati pemandangan sungai di kota tua (credit : wisatakotatua )

berfoto ria dengan bangunan nostalgia zaman dahulu (credit : lusiana_febrianti27 )


2. Mencintai Karya seni Indonesia di - Galeri Nasional
Di gedung-gedung bangunan Galeri Nasional ini kamu akan menemui banyak sekali karya seni yang akan membuatmu terkesima. Berbagai karya seni hasil seniman dari seniman legendaris indonesia hingga seniman modern luar negri pun dipamerkan di tempat ini secara gratis. Kamu juga bisa mengambil foto untuk feed instagran kamu disini karena banyak jenis karya seni di galeri nasional contohnya mural, lukisan, karikatur, patung ,seni instalasi dan karya-karya lain. Oh ya jangan lupa untuk menaati peraturan-peraturan di galeri nasional ya untuk kenyamanan bersama.

berpose bersama patung unik depan pintu masuk galeri nasional (credit : misscahyani)
 ini saya ketika menyepatkan berkunjung ke galeri nasional waktu ke jakarta (dokumen pribadi)

3. Museum yang Tidak Biasa di – Museum Tengah Kebun
Kalau kamu ingin liburan di museum yang lain daripada yang lain maka  museum tengah kebun inilah jawabannya. Dalam museum ini kamu akan menemukan suasana yang berbeda dari museum kebanyakan karena atmosfer dan barang yang dipamerkan berbeda dari museum yang lain alias antimainstrem banget lho. Namun untuk mengunjungi museum ini dengan gratis kamu harus membawa rombongan setidaknya minimal 7 orang dan maksimal 12 orang, selain itu kamu harus menentukan dari jauh-jauh hari untuk berkunjung dengan pengelola museum.


menikmati suasana museum tengah kebun (credit :  rameliavitra)

museum tengah kebun dari berbegai penjuru (credit : yusufahmadmaulana)


4. Menikmati sejuknya udara jakarta di – Taman Ayodya
Selain bangunan gedung pencakar langit di jakarta selatan  kamu juga bisa menikmati udara sejuk yang berbeda dari suasana perkotaan, yap tempatnya adalah taman ayodya. Di taman ayodya selain kamu melihat pemandangan yang hijau ada juga danau buatan yang asik untuk berswafoto ria. Taman ayodya selain asik untuk berlibur dari penatnya kota taman ini seringkali digunakan komunitas-komunitas unik dan asik di akhir pekan komunitas pecinta hewan misalnya. Jika kamu khawatir sinyal internet buruk disana tenang saja taman ayodya juga menyediakan wifi yang bisa kamu nikmati secara gratis, asik kan?

taman ayodya dan danaunya (credit : gusnawantjan)

taman ayodya tampak dari atas ( credit : nangz)


5.  Taman urban yang insagramable – Taman Suropati
Kalau kamu ingin menemukan tempat penuh kesejukan sekaligus edukasi maka taman suropati yang terletak di pusat kota jakarta jawabannya. Selain taman yang indah kamu juga akan menemukan monumen-monumen yang berada di beberapa titik taman suropati.monumen yang terdapat di taman suropati sangat instagramable lho namun tetap pengunjung diharapkan menjaga kebersihan taman dan keutuhan monumen taman suropati. Oh iya, kalau kamu ingin menikmati suasana yang berbeda dan lebih ramai maka datanglah ke taman suropati pada malam hari karena banyak sekali pedagang makanan dan hiburan dari pengamen yang berkualitas di sekitar taman.

berfoto di taman suropati yang indah ( credit : airyindonesia)

taman suropati pada sore hari ( credit : jakarta.ku)

jadi sudah menentukan liburan gratis di jakarta mana nih ? kalau pembaca tulisan ini tahu tempat asik di jakarta yang gratis selain yang ditulis diatas boleh kok sharing rekomendasinya di kolom komentar. ditunggu ya :)
 





9 comments:

  1. Ternyata ada wisata lain yang belum aku tahu. Thanks for sharing. Waktu ke Jakarta cuma ke monas sama kota tua aja hehe. Semoga lain kali bisa mampir juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga lain waktu bisa main ke Jakarta dan menikmati wisata gratisnya hehe seru loh main di galeri nasional. Salam kenal kak.

      Delete
  2. Wisata kota tua bikin penasaran. Bbrp kali ke jkt tapi gak pernah sempat ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga harapannya bisa terkabul ya mas main-main ke kota tua, pemandangannya juga bagus mas dibuat vlogging sering jadi tempat shooting film dan sinetron juga hehe.

      Delete
    2. Iya mas, padahal setahun bisa 3-4 kali ke jkt gak ketemu waktu yang pas

      Delete
  3. Saya hampir 9 tahun di Jakarta dan baru tahu ada museum tengah kebun dan taman ayodya, ya? Itu letaknya dimana? Pengen sekali ngunjungi itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau museum tengah kebun ada di jln. Kemang timur, mampang Jakarta Selatan mas, kalau taman Ayodya ada di jalan Lamandau 3 Kebayoran baru Jakarta Selatan juga. Semoga ada waktu berkunjung ya mas 😊

      Delete
  4. Pengeeen bangeet main ke kota tua. Uda sering ke jakarta tp belum pernah main kesana sekalipun. Tfs yaa 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ada kesempatan ke kota tua ya kak kalau ke Jakarta lagi amin ditunggu kehadirannya 😉

      Delete

setelah travelling di blog ini boleh dong komentar dan sarannya.